Cara Memakai Tripod Dengan Bener

Ada 12 alasan kita membutuhkan tripod: memotret HDR, memotret dalam mode BULB dan long exposure lainnya, memotret landscape, indoor dan masih banyak kebutuhan lainnya disini. Kalau anda sudah memutuskan untuk menyisihkan waktu untuk memilih tripodkepala tripod dan lalu membelinya, ada baiknya anda tahu beberapa cara memakai tripod dengan baik. Silahkan:
  1. Susunlah Komposisi Terlebih Dahulu. Karena menyiapkan lalu memasang tripod menyita waktu, pertimbangkan terlabih dahulu komposisi foto yang akan dibuat. Berjalanlah kebeberapa titik dan eksplorasilah subyek foto dari angle yang berbeda intiplah melalui viewfinder jika perlu) sampai anda puas baru tripod bisa diset.
  2. Carilah Permukaan Rata. Saat menggunakan tripod, carilah permukaan rata untuk pijakan kaki-kakinya sehingga membantu tripod lebih tenang, kokoh dan stabil. Jika memungkinkan, hindari permukaan yang gampang memantul seperti platform kayu/logam yang berada di dekat jalan (tripod pada jembatan penyeberangan hampir tidak berguna).
  3. Gunakan Serendah Mungkin. Saat memungkinkan, gunakan tripod pada posisi yang serendah mungkin dengan tanah sehingga meminimalkan vibrasi. Rentangan kaki-kaki tripod juga lebih lebar sehingga lebih kokoh.kolom-tengah-tripod
  4. Jangan Gunakan Kolom Tengah. Hindari menaikkan tiang tripod yang menyangga kamera karena akan membuat tripod lebih labil. Kalau butuh angle yang lebih tinggi, pindahkan posisi pemotretan.
  5. Jaga Level Keseimbangan. Pelat tempat kamera menempel sebaiknya selalu rata dan horisontal, gunakan gelembung yang biasanya ada di tripod untuk memeriksa level. Saat memotret di lereng/permukaan miring, pendekkan kaki yang ada di permukaan tertinggi dan usahakan dua kaki yang lain menjejak di sisi terendah untuk stabilitas maksimal.
  6. Kalau anda banyak memakai kamera di oriantasi portrait, gunakan Pelat – L untuk meningkatkan stabilitas.l-bracket-tripod
  7. Manfaatkan Tripod Collar Untuk Lensa Tele. Karena lensa tele dan super tele pasti berat, mereka bisa mengubah pusat kesetimbang tripod. Lensa ini biasanya dari sononya dibekali collar khusus, jadi manfaatkan untuk membantu tripod menjaga kestabilan.
  8. Kasih Pemberat. Tripod yang bagus biasanya diberi hook. Disaat yang kritis, hook ini bisa dikasih pemberat dengan tali untuk menambah stabilitas.hook
Meskipun memakai tripod tampak menjengkelkan dan memperlambat, yakinlah bahwa untuk banyak situasi mau tidak mau kita membutuhkannya untuk menghasilkan foto setajam mungkin. Lagipula, saat kita dipaksa untuk menyiapkan tripod beserta tetek bengeknya, kita ikut dipaksa untuk memikirkan komposisi foto dengan lebih maksimal. Selamat mengencani tripod anda.

Produk Menarik Lainnya:

Bagikan produk ini :
 
Copyright © 2012 - . TOKO TUKANG FOTO - All Rights Reserved
Supported by Fotografer Medan