Cara Mengatasi Error 01 pada lensa canon

Keringat bercucuran membasahi baju kaos setelah saya mendaki 600 anak tangga. Saya melepas lelas sembari melepas pandang ke laut luas. Setelah menghela napas, barulah kemudian saya mengarahkan moncong kamera ke arah Teluk Fatucima nan indah di Timor Leste. Seketika saat menekan tombol shutter, kamera tidak bisa merekam gambar sama sekali.
Ilustrasi lensa (thinkstockphotos).
Apa gerangan ? Di lcd kamera muncul pesan Err 01, dan kamera tidak bisa mengambil gambar. Ternyata permasalahan terjadi pada lensa, untungnya saya masih membawa lensa cadangan.
Begitu sekembalinya ke kantor, permasalahan yang sama juga dialami oleh teks editor National Geographic Indonesia, Mahandis Y Thamrin saat perjalanan ke Sangiran. Di lcd kamera muncul pesan Err 99.
Inilah error yang sering terjadi bagi pengguna salah satu kamera. Mungkin tak banyak yang tahu mengenai error pada kamera yang digunakan. Sebenarnya kode error yang muncul pada lcd kamera ini menerangkan kerusakan tertentu.
Apa saja kode error yang umum terjadi di kamera fk-wan ?
Err 01 
Muncul pesan “Communication between the camera and lens is faulty. Clean the lens contact”.
Pada kode erro ini umumnya berupa permasalahan komunikasi antara body kamera dengan lensa. Masalahnya bisa berupa mount antara lensa dan kamera, sehingga menyebabkan kamera tidak bisa mengenali lensa yang dipasang serta setingan pengukuran untuk lensa. Hal inilah yang menyebabkan shutter kamera tidak bisa ditekan untuk merekam foto.
Err 02
Di lcd muncul “Card cannot be accesed. Reinsert/ change card or format card with camera“.
Pesan error ini mengindikasikan permasalahan antara kamera dan kartu memori. Komunikasi antara kamera dan kartu memori tidak berjalan baik, kesalahan bisa di amera atau pada kartu memori. Salah satu cara untuk mengatasi permasalah ini adalah mematika kamera, mengeluarkan kartu memori, memasukkan, dan mencoba menghidupkan kamera lagi. Jika tidak bisa, coba ganti dengan kartu memori lain. Namun jika permasalahannya tetap sama, kerusakan bisa jadi pada slot kartu memori di body kamera.
Err 04
Muncul pesan “Cannot save images because card is full. Replace card“.
Kaera membaca bahwa tidak ada ruang penyimpanan yang cukup saat mengambil gambar. Munculnya pesan ini bisa karena penuhnya memori, atau memang kamera tidak membaca ruang kosong pada kartu memori. Mengatasi masalah ini bisa dengan melakukan format pada memori di kamera maupun lewat desktop.
Err 05
Pesan yang muncul “The built-in flash could not be raise. Turn the camera off and on again“.
Permasalahannya terjadi pada flash kamera yang tidak bisa terbuka. Kadang permasalahan ini terjadi karana ada sesuatu yang menghalangi flash saat akan terbuka. Faktor lainnya adalah motor untuk membuka flash tidak bisa membuka flash sehingga muncul pesan err 05. Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan ini adalah dengan mematikan kamera lalu menghidukannya lagi.
Err 06
Pada lcd muncul pesan “Sensor cleaning is not possible. Turn the camera off and on again
Pada masalah ini biasanya terjadi pada sistem mekanis pembersih debu pada sensor kamera yang dilakukan dengan menggetarkan sensor kamera. Permasalahan bisa terjadi akibat mekanik yang tidak berfungsi lagi dengan baik. Pertolongan pertama untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan mematikan kamera kemudian menghidupkannya lagi.
Err 99
Inilah yang paling sering dialami oleh para pengguna salah satu produsen kamera. Hal ini juga yang menimpa salah satu awak redaksi National Geographic. Secara spesifik kamera tidak menampilkan pesan mengenai error yang terjadi. Namun sebagian kawan-kawan menyarankan untuk mematikan kamera kemudian membersihkan mounting antara kamera dan lensa. Namun jika pertolongan pertama itu tidak berhasil, hal berikutnya adalah mengkonsultasikan dengan servis centre terdekat.
Pada dasarnya permasalahan ini menjadi salah satu ketakutan bagi pengguna kamera tertentu. Namun permasalahan pesan error yang muncul ini bisa diatasi dengan mengikuti pertolongan pertama. Namun jika hal tersebut tidak berhasil, langkah berikutnya adalah membawa kamera dan lensa ke  jasa service kamera terdekat. Atau salah satunya membawa kamera anda ke jasa service Lensa DSLR Online rekomendasi toko service kamera online berkualitas

Pelajaran terpenting dari pesan error pada kamera jangan sampai menghalangi kita untuk berkarya. Kerusakan pada kamera adalah hal lumrah, sama dengan alat-alat elektronik lainnya. Namun perlu juga bagi kawan-kawan untuk menangani dan merawat kamera dengan baik. Selamat memotret :)

Produk Menarik Lainnya:

Bagikan produk ini :
 
Copyright © 2012 - . TOKO TUKANG FOTO - All Rights Reserved
Supported by Fotografer Medan